Sekilas UPM (Unit Penjaminan Mutu)

Sebagai salah satu Akademi Kebidanan di Indonesia, Akademi kebidanan Harapan Mulya Ponorogo telah menetapkan kebijakan untuk menjadi entrepreneurial academy. Unit Penjamin mutu Akademi kebidanan Harapan Mulya Ponorogo sebagai perangkat penjamin mutu akademik Akademi Kebidanan Harapan Mulya telah mengambil keputusan untuk mengadopsi SMM ISO 9001-2008 sebagai perangkat penjamin mutu akademik di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo. Untuk itu, UPM- Akbid HMP bertekat untuk menerapkan SMM ISO 9001; 2008 guna menghasilkan produk/layanan yang sesuai dengan kebutuhan Direktur sebagai pelanggan utama UPM – Akbid HMP dengan cara yang benar, serta memelihara kepercayaan dan kepuasan Direktur melalui pengembangan bertahat seta peningkatan mutu secara berkelanjutan.

Secara umum sasaran mutu UPM-Akbid HMP adalah :

  1. Mempertahankan semua aspek mutu pada setiap proses dan kegiatan
  2. Menghasilkan produk/layanan dengan mutu yang baik.

 

Selaras dengan sasaran di atas, UPM- Akbid HMP bertekat :

 

  1. Mengembangkan SMM ISO 9001; 2008 di bidang akademik dengan dukungan dari seluruh personil organisasi, dengan pola kebersamaan yang saling asah dan asuh serta didasari oleh nilai-nilai dasar akhlak mulia yaitu : amanah, ibadah,credible dan akuntabel.
  2. Bersikap tanggap terhadap perubahan dalam sistem penyelenggaraan kegiatan akademik pendidikan tinggi dengan tetap mempertahankan konsistensi mutu produk/layanan melalui SMM.
  3. Menejemen semua anggota dan staf administrasi UPM-Akbid HMP  sepakat untuk memenuhi standar mutu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sebagai kontribusi untuk mendukung hubungan kerja yang sehat dengan Direktur.
  4. Meningkatkan sumber daya manusia melalui program pelatihan bagi menejemen, semua anggota staf administrasi dan personil pendukung keseluruhan proses, sehingga setiap pihak dapat melakukan tugas dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadahi.
  5. Mengkaji efektifitas dan efisiensi kinerja organisasi sehingga UPM- Akbid HMP dapat mendukung peningkatan pencapaian sasaran mutu Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.

UNIT PELAKSANA

  1. STRUKTUR ORGANISASI AKADEMI KEBIDANAN HARAPAN MULYA PONOROGO

Struktur organisasi merupakan pencerminan lalu lintas hubungan wewenan dan tanggung jawab antara fungsional dalam pengolahan suatu organisasi atau institusi. Struktur organisasi bertujuan untuk memberikan kepastian yang tegas dalam garis kewenangan, koordinasim dan pengawasan sehingga dapat dicegah timbulnya suatu konflik. Sebuah institusi memerlukan struktur organisasi yang merupakan alat untuk mencapai tujuan bersama. Dengan struktur organisasi yang baik maka pendelegasian wewenang dan tanggung jawab akan jelas dan sistematis.

  1. Peran dan Kedudukan UPM

Peran Unit Penjamin Mutu (UPM) dalam SMM Akbid HMP merupakan badan yang bertanggung jawab terhadap pembangunan, pelaksanaan dan pengembangan SMM di lingkungan Akbid HMP, UPM dan perangkatnya yang diangkat dan bertanggung jawab kepada Direktur merupakan wakil dari manajemen dalam hal yang berkaitan dengan SMM. Dengan demikian, fungsi dan peran UPM dalam menjamin penerapan SMM pada bidang pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan bidang penunjang lain dalam rangka mencapai Kebijakan Mutu, Sasaran Mutu dan rencana Mutu dapat dijelaskan di lingkungan Akbid HMP adalah sebagai berikut :

  1. Merencanakan dan merancang model SMM yang akan diterapkan Akademi Kebidanan HMP ( pada masa awal berdiri)
  2. Menyiapkan dan menyusun perangkat/dokumen sistem mutu dalam rangka implementasi SMM.
  3. Menjamin dan mengawal implimentasi SMM di semua unit di lingkungan Akbid HMP.
  4. Melakukan monitoring implementasi SMM dan pengukuran Sasaran Mutu dan rencana Mutu serta Evaluasi Diri oleh Unit.
  5. Melakukan training, worshop, konsultasi,tutorial, pendampingan dan kerjasama dalam bidang SMM.
  6. Melakukan pengukuran kepuasan stakeholder
  7. Melakukan Audit Mutu Internal (AMI) implementasi SMM dan pencapaian Sasaran Mutu dan Rencana Mutu.
  8. Melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) sebagai forum evaluasi dan tindak lanjut hasil AMI dan implementasi SMM
  9. Melaporkan secara periodik kepada Direktur dalam hal-hal yang berkaitan dengan implementasi SMM Akbid HMP.
  10. Menjalin hubungan dengan pihak luar dalam hal SMM.
  11. Struktur Organisasi UPM

Organisasi Unit Penjamin Mutu (UPM) Akbid HMP dikepalai oleh Ketua Unit Penjamin Mutu (Ka.UPM) yang bertindak sebagai perwakilan manajemen dalam penerapan SMM di lingkungan Akbid HMP.

  1. Piagam Struktur Organisasi UPM
  2. Wewwnang dan Tanggung Jawab UPM

Wewenang dan Tanggung Jawab (WT) UPM dalam mengawal dan monitoring pelaksanaan dan implementasi SMM di lingkungan Akbid HMP sesuai dengan kedudukan jabatan dalam organisasi UPM dan lingkup kerja (job discription) yang menjadi wewenang dan tanggung jawabnya