Mengenal Lebih Dekat Tentang Kebidanan Holistik


Mengenal Lebih Dekat Tentang Kebidanan Holistik

Rindang Fitriana Ulfa, S.Tr., M.Tr.

 

Setiap wanita yang akan menjalani proses persalinan selalu mengharapkan kelancaran dan keselamatan dalam melahirkan bayinya. Perkembangan ilmu kebidanan yang demikian pesatnya, melahirkan banyak terobosan yang bermanfaat besar dalam menunjang kesehatan ibu dan anak.

 

Seiring berkembangnya ilmu pendidikan di Indonesia khususnya ilmu kebidanan, ada perkembangan yang sedang menjadi topik di masyarakat yaitu Holistik.  Mungkin ilmu ini masih terasa awam bagi sebagian besar orang dalam memahami kesehatan. Nah, Apa sebenarnya Holistik itu? Holistik memiliki arti ’menyeluruh’ yang terdiri dari kata holy and healthy. Pengobatan Holistik adalah, pengobatan dengan menggunakan konsep menyeluruh, yaitu keterpaduan antara Jiwa dan Raga, dengan metode alamiah, serta ilahia.Holistik itu sendiri ada beberapa macam jenisnya, namun yang  umum di masyarakat yaitu Akupresure, Akupuntur, Hypnotherapy dan Massage. Kali ini kita hanya akan bahas titik Akupuntur dan Akupresure saja.

  1. Akupuntur dan Akupresure

Akupuntur merupakan teknik pengobatan menggunakan tusukan jarum yang menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh.Pengobatan ini dimaksudkan untuk memperbaiki aliran dan keseimbangan energy sepanjang jalur-jalur energi (meridian).

Akupresur adalah terapi yang sangat penting dalam pengobatan Cina yang dikembangkan lebih dari 5.000 tahun yang lalu di Asia. Metode ini dilakukan dengan cara meletakkan jari pada lokasi tertentu dan memberikan tekanan di titik-titik penting di sekujur tubuh. Akupresur umumnya dilakukan dengan menggunakan jari, terutama ibu jari untuk memijat, menggosok, dan merangsang titik-titik tekanan.

Pada dasarnya akupuntur dan akupresure titik pengobatannya sama hanya saja, yang membedakan akupressure menggunakan jari dan akupuntur menggunakan jarum. Jarum akunpuntur terdiri dari 2 macam yaitu 1cun dan setengah cun, yang membedakan hanyalah ukurannya saja.

Beberapa titik akupresure dan akupuntur yang digunakan agar melahirkan lancar :

  1. Pericardium 8 Point

Titik ini di kenal juga sebagai Laogong, titik perikardium 8 (PC8) yang penting untuk mendorong persalinan.Lokasi titik ini terletak di tengah-tengah telapak tangan.

Anda dapat menemukannya dengan mengepalkan tangan dan menemukan titiknya saat ujung jari Anda menyentuh telapak tangan. Gunakanlah ibu jari tangan Anda yang lain untuk memberikan tekanan ringan pada titik tersebut, lalu pijat selama beberapa detik

b. Large Intestine 4

Titik ini disebut Large Intestine 4 (LIA4) atau menuju ke usus besar.Titik ini juga dikenal dengan nama Hegu yang juga bisa menginduksi persalinan. Selain itu, memijat titik ini bisa mengurangi rasa sakit dan memperkuat kekebalan daya tahan tubuh.Titik ini terletak di punggung tangan, di antara ibu jari, serta telunjuk jari Anda.Cobalah menekan titik ini selama satu menit, lalu selingi dengan istirahat sejenak selama 1 menit.Lalu, Anda bisa kembali melakukan beberapa repetisi.

c. Bladder 60

Di area kaki, Anda juga bisa melakukan pijatan akupresure menuju kandung kemih, yang disebut juga kandung kemih 60 (BL60). Titik ini dikenal juga sebagai Kunlun yang bisa meringankan nyeri saat persalinan.

Selain itu, titik ini pun bisa lebih mengurangi dan mengatasi penyumbatan di usus halus maupun usus besar.Gunakanlah ibu jari Anda untuk memberikan tekanan ringan ke BL60 dan pija ttitik selama beberapa menit.

d.Spleen 6 point (SP6) 

Titik ini dikenal sebagai Sanyinjiao yang juga di anggap efektif untuk menginduksi persalinan. SP6 ini terletak di atas pergelangan kaki, di bagian belakang tulang kering atau betis bawah. Gunakanlah jari telunjuk Anda untuk memberikan tekanan kuat pada titik ini selama beberapa detik. Lakukanlah kembali setelah beristirahat 1 menit. Selain itu SP6 juga bisa digunakan sebagai alternative mengurangi dysmenorea  (nyeri haid)

Sumber

Achmad Ali Ridho, 2015. BekamSinergi. Jakarta. Aqwamedika

http://www.ferdians.com/apa-itu-hypnotherapy

https://www.tabitababyspa.com/2017/05/pengertian-dan-manfaat-baby-spa.html

https://pondokibu.com/apa-itu-hypnobirthingapa-saja-keuntungannya.html