KALAU MAU HIDUP, HARUS BERJUANG


KALAU MAU HIDUP, HARUS BERJUANG

 

Hidup itu teramat indah bagi yang mau merasakannya. Setiap orang ingin panjang umur, sehat dan sukses..benar bukan?. Tetapi yang perlu kita sadari dalam hidup ini, apa yang ingin kita dapatkan, tidak bisa dicapai dengan cara yang instan. Kita harus menjalani setiap jengkal prosesnya. Ada rasa senang, bahagia, senyuman, derai tawa, airmata, keringat bahkan darah. Semua itu akan terakumulasi dalam setiap langkah-langkah kita menuju keberhasilan dan kesuksesan.

Tergantung dari cara kita memandang setiap peristiwa, kondisi, lingkungan bahkan orang-orang yang berinteraksi dengan kita. Bagaimana kita memaknai segala sesuatu secara positif dan bijaksana. Jika kita senantiasa bisa berada dalam kondisi demikian, maka bisa dipastikan kita akan lebih mudah mengambil keputusan dan tindakan. Walapun dalam kondisi yang terburuk sekalipun. Semua itu butuh pengkondisian diri yang tidak mudah memang, tapi bisa dilakukan kalau kita mau.

Saya teringat sebuah kisah yang sangat menginspirasi sekali. Ini kisah tentang seekor burung rajawali. Tahukah anda bahwa burung rajawali itu bisa mencapai umur 70 tahun? Burung rajawali bisa bertahan sampai sekian lama atau hanya berhenti ketika berumur 40 tahun itu tergantung pada pilihannya. Ketika umur 40 tahun, paruh rajawali sudah sangat bengkok dan panjang hingga mencapai lehernya, sehingga ia akan kesulitan untuk makan. Cakar-cakarnya juga sudah tidak tajam. Bulu sayap sudah sangat tebal sehingga sulit terbang tinggi. Jika rajawali tetap mau bertahan hidup 30 tahun lagi, maka ia harus terbang mencari pegunungan yang tinggi, membangun sarang di puncak gunung tersebut. Mematuk-matukkan paruhnya pada bebatuan di gunung sehingga paruhnya lepas. Setelah beberapa lama, paruh barunya akan muncul, lalu dengan paruh barunya, ia akan mencabut kukunya satu persatu dan menunggu hingga tumbuh kuku baru yang lebih tajam. Setelah itu dengan menggunakan kuku-kuku barunya yang tajam, ia akan mencabut semua bulu sayapnya hingga rotok semua dan menunggu bulu-bulu baru tumbuh pada sayapnya. Setelah semua proses itu dilalui, rajawali dapat terbang tinggi dan menjalani kehidupan normalnya. Demikianlah transformasi yang menyakitkan yang dilalui oleh rajawali selama kurang lebih setengah tahun.

Kita mau hidup bahagia, harus berani merasakan senang sekaligus sakit. Terus berjuang dan tidak menyerah pada keadaan. Ketika masalah datang dalam kehidupan, kita pasti dihadapkan pada pilihan-pilihan yang harus diambil. Bahkan terkadang pilihan yang kita ambil memaksa kita melewati transformasi kehidupan yang menyakitkan bagi jiwa dan tubuh. Namun ditengah kesulitan itu, ada Tuhan yang selalui menyertai kita. Tuhan akan memberikan masa depan yang indah di akhir perjuangan.

Artinya, kalau kita mau hidup, harus berjuang. Keberhasilan seringkali tidak nampak karena tersembunyi dibalik kesulitan. Hanya orang-orang yang mampu dan mau melewati masa sulit yang akan menemui keberhasilan.