Kegagalan adalah Jalan Kesuksesan


Kegagalan adalah Jalan Kesuksesan

Kata Sukses terasa sangat segar menerpa pendengaran. Siapa sih yang tidak mau sukses dalam hidupnya?.Pastinya, tidak ada…Setiap orang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Bagaimana orang mau berhasil dan bahagia dalam setiap bidang yang ditekuni selalu menuntut kesiapan diri untuk mau berjuang, tidak hanya sekedar kata ingin memperjuangkannya saja. 

Yang perlu disadari adalah, bahwa setiap perjalanan menuju kesuksesan itu di dalamnya terdapat yang namanya kegagalan. Kita harus paham bahwa sebenarnya kita “butuh” yang namanya kegagalan dalam hidup. Mengapa demikian? Kegagalan dapat memberi masukan dalam usaha kita selanjutnya untuk menggapai keberhasilan.

Coba kita amati anak yang berada pada tahap perkembangan belajar berjalan. Sebagai orang tua kita tahu bahwa berjalan adalah keahlian dasar yang pasti akan dipelajari oleh setiap anak. Anak akan mulai berusaha untuk berpergangan pada benda di sekitarnya dan berusaha berdiri. Awalnya, dia harus menggunakan alat bantu. Dan, dia juga harus mengalami jatuh bangun berulangkali. Tak jarang, dia menangis ketika jatuh, tetapi dia tetap akan berdiri lagi. Tampak bahwa kegagalan diperlukan supaya anak belajar untuk berdiri dan berjalan. Tanpa mengalami kejatuhan, sang anak tidak akan mengetahui bagaimana cara menyeimbangkan diri dalam berbagai posisi. Sebagai orang tua apakah kita menghentikan anak kita untuk berusaha berjalan setelah melihat dia jatuh pada awalnya? Ataukah justru kita mendorongnya untuk terus berusaha agar berani mencoba berjalan lagi?

Ketika kita dewasa, sebenarnya contoh di atas tidak jauh berbeda. Mungkin yang membedakannya adalah tantangannya yang semakin rumit dan besar. Ketika mulai meniti karir sebagaimana layaknya seorang anak yang belajar berjalan,kita harus menunjukkan dedikasi dan kesungguhan dalam bekerja. Mungkin awalnya ada tugas yang tidak bisa sempurna kita selesaikan bahkan ada juga kegagalan yang menyertainya. Tetapi, dengan latihan yang terus menerus, setiap kegagalan yang ada akan berubah menjadi keberhasilan.

Tidak ada jalan yang mudah untuk meraih kesuksesan. Kesuksesan itu merupakan gabungan dari empat unsur : perkembangan yang berkesinambungan, kerja keras, belajar dan keberanian untuk gagal. Jika menyerah, artinya sama dengan anak yang memutuskan untuk tidak mau berjalan. Tetapi jika setiap tantangan yang ada berani dihadapi,maka jangankan berjalan, kita pasti bisa berlari kencang.

Kesuksesan yang kita raih dalam bidang apapun yang kita geluti merupakan wujud eksistensi diri kita sebagai pribadi. Kita patut bangga bisa mengabdikan semua ilmu yang kita miliki untuk kebaikan orang lain dan masyarakat luas serta orang-orang yang kita cintai. Dan mereka pun memiliki kebahagiaan tersendiri dengan keberadaan kita. Semoga kita semua senantiasa selalu termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain.